Minat warga Surabaya bersama adanya mobilmurah yang ramah lingkungan benar-benar besar kendati harus memesan dulu dalam
jangka waktu 3 bulan. Tidak kepalang tanggung semenjak keluarnya aturan mobil
murah dari pemerintah, inden mobil murah menembus angka 1.000 unit mobil.
Berdasarkan penuturan Yoyon
Sukaryono yang menjabat sebagai
Marketing Supervisor Daihatsu Karunia Motor di Jalan Sulawesi no. 47 Surabaya
kepada tokobagusmobilbekas.blogspot.com mengaku minat publik pada mobil
Daihatsu Ayla benar-benar tinggi.
Yoyon memaparkan bahwa menjelang launching
mobil Ayla secara resmi, pihaknya telah memperoleh sambutan positif dari calon
konsumen. "Dikarenakan aturan dari pemerintah turunnya agak lama maka
sempat berkurang peminatnya. Namun sesudah peraturannya disahkan dan terpasang
display di seluruh dealer mobil bekas surabaya, minat masyarakat akan mobil murah naik
lagi," ucapnya kepada tokobagusmobilbekas.blogspot.com Sekarang ini,
ditaksir yang memesan untuk wilayah Surabaya kurang lebih seribu unit mobil
dengan lama inden adalah 3 bulan. "Terlaris adalah Ayla tipe M berharga Rp
90 jutaan. Target kita adalah warga kelas menengah yang berkeinginan mempunyai
mobil pertama kali atau orang-orang dengan kemampuan lebih, ketimbang membeli
motor lebih baik membeli mobil murah," jelasnya lagi kepada tokobagusmobilbekas.blogspot.com.
Mobil Daihatsu Ayla mempunyai berbagai tipe
dengan kisaran harga mulai 70 juta sampai 100 juta menggunakan dua jenis
transmisi yaitu matic dan manual dan menyandang mesin 3 silinder berkapasitas
1.000 cc. Hingar bingar mobil murah ternyata tak memberi pengaruh pada
penjualan mobil bekas Surabaya. Malah sejumlah show room mobil bekas optimis
penjualan mobil bekas dengan kisaran harga di bawah 100 juta akan tetap laku
keras. Salah seorang pegawai mobil bekas di daerah jalan Kertajaya Indah,
Ribkah menjelaskan untuk tokobagusmobilbekas.blogspot.com bahwa sejauh ini
orang yang memilih mobil bekas pun belum yakin pada kekuatan mesin dan performa
mobil murah.
"Tak berdampak sekalipun, sebab
masyarakat saat ini masih meraba raba kehandalan mobil murah tersebut. Adapun
mobil bekas yang mempunyai harga sama orang-orang sudah nyaman serta puas,
sebab sudah paham kekuatan mobil bekas yang diingininya," katanya kepada tokobagusmobilbekas.blogspot.com.
Di samping itu mobil murah yang di-launching sekarang ini hanya mempunyai 3
silinder dengan volume mesin yang hanya 1.000 cc. "Mobil murah dengan
rentang harga 70 jutaan sampai 80 jutaan itu tak terpasang apa-apa atau
kosongan. Tiada AC, audio pun tak tersedia. Apabila memilih mobil bekas
berharga sama ataupun spek mesin sama, masyarakat dapat memperoleh
kenyamanan," jelasnya. Dia memberi contoh, baru-baru ini pihaknya bisa
melego mobil Hyundai Atoz tahun 2002 berharga 70 juta. Malah mobil Xenia maupun
Avanza pun masih laku. "Kita sebagai penjual mobil bekas selalu yakin,
mobil bekas tetap jadi pilihan orang-orang yang berniat punya mobil,"
tutupnya.